Kamis, 08 April 2010

Pengalaman daLam Linux ?? Hmmm ,,

Pertama kaLi beLaJar Linux ???

Hmm .. bagi orang pemula seperti saya ,, program Linux sangat membingungkan ,, mungkin bagi orang" yang sudah profesional dalam mengaplikasikan semua program ,, Linux sangat mudah .. namun bagi seorang user biasa seperti saya tentunya akan berpikiran lain bila akan bermigrasi penuh di Linux.

Seorang power user menghabiskan sebagian besar waktu di depan komputer untuk mengotak-atik hal-hal (yang menurut awam aneh-aneh) seperti setting serverlah, bagaimana membuat firewall, bagaimana membangun repository, kompiling kernel, dan berjuta-juta how to lainnya.
Tapi seorang user biasa yang lebih banyak berkiprah di bidang ketik-mengetik, desain grafis, kemudian edit audio/video, dan hal-hal awam lainnya.

Nah disinilah mulai timbul kesulitan itu, contoh paling gampang adalah bagaimana susahnya saya (penulis -red) mengatur paper size pada CUPS sehingga sesuai dengan paper size yang ada pada aplikasi (tarohlah Ooo writer 2.0). Bagaimana bingungnya mencari letak menu-menu yang dikehendaki karena perbedaan struktur menu dari MS Office dengan Ooo. Bahkan hingga kini saya masih kesulitan untuk mencari aplikasi di linux yang setara dengan CorelDraw. Bagaimana jengkelnya saya saat mengetahui fungsi eyedroper pada Ooo draw ternyata tidak berjalan sebagaimana mestinya (pada corel kayaknya setara perintah bitmap color mask).

Terkadang sering saya jumpai program/aplikasi yang dibuat di linux sangat-sangat memihak kepada power user, hal itu sangat berbeda dengan windows dimana hampir setiap program ditekankan untuk kemudahan pemakaian bagi orang awam.

Kalau memang Linux bisa di costumize sedemikian rupa mengapa tidak ada satupun distro yang mengkostumize sehingga linux box nya menjadi semudah windows?, Apakah para maniak Linux menutup mata rapat-rapat terhadap windows sehingga tidak mau belajar dari windows?. Bisakah para programer itu merendahkan diri sedikit saja dan meniru habis semua yang ada di windows?

Adalah sangat indah bila tiba masanya kita semua mendapati linux (tetap dengan kekuatannya) namun semudah windows dengan semua aplikasinya.

1 komentar:

  1. macwa cih,,,,,,,
    tapi dengan adanya semua iitu,,da manfaatnya kan,,,,

    BalasHapus